Perhatikan Kebiasaan Ini Yang Bisa Bikin Telinga Budek



Perhatikan Kebiasaan Ini Yang Bisa Bikin Telinga Budek


Disaat kita sedang berbicara dengan seseorang mungkin yang lebih tua maupun yang muda, kita pasti harus menyimak perkataan mereka dan mendengarkannya dengan baik agar kita bisa menangkap pembicaraan dan juga menghormati mereka. Tapi ada saat dimana telinga kita kurang dapat menangkap pembicaraan yang sedang dibicarakan. Kenapa, mungkin saja karena telinga kalian sedang mengalami gangguan.

Nah berikut ini merupakan hal kecil yang dapat membuat telinga kalian jadi budek

1. Pekerjaan

Loh, kenapa pekerjaan?. Karena kalau kalian tau orang yang berkerja di bidang pekerjaan seperti musisi, buruh pabrik, pekerja konstruksi dan pemadam kebakaran adalah orang-orang yang berisiko tinggi untuk terpapar konstan terhadap suara keras yang bisa menggangu Kesehatan telingga. Kalian bisa bayangin kan kalau kalian bekerja di bidang tadi.

2. Obat-obatan

Salah satu efek samping yang kurang dikenal dari beberapa jenis obat, seperti obat nyeri, antibiotic tertentu dan obat kemoterapi berbasis platinum ternyata bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pada pendengaran kalian. Minum lah obat dengan kadar porsi yang pas agar tidak terkena efek samping ini.

3. Mobil terbuka

Mengendari mobil yang terbuka (openkap) membuat kalian harus mendengar suara dengan level 88-90 decibel. Sebagai perbandingan, percakapan kalian dengan orang normalnya berada pada kisaran 50 decibel, jalan lalu lintas sekitar kisaran 70 decibel., mesin pemotong rumput sekitar kisaran 90 decibel. Dengan paparan berulang dari suara diatas 85 decibel diketahu dapat menyebabkan kalian kehilangan pendengaran secara permanen, jadi berhati-hatilah dalam berkendara.

4. Ear phone atau ear bud

Dengan kita menggunakan ear bud maupun ear phone dengan tingkat suara yang keras, maka dengan kurun waktu yang lama akan membuat telinga kalian memmekak. Selain itu, ear bud juga merubah sistem pendengaran kalian. Bila kalian terbiasa mendengarkan suara dengan ear bud dengan tingkat yang keras dan dekat, maka besar kemungkinan kalian akan sulit mendengarkan suara pada tingkatan yang nomor atau lembut. Jadi lakukan lah hal ini dengan porsi yang seimbang agar tidak mengganggu sistem pendengaran kalian.

5. Diabetes

Jika kalain tau, diabetes dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke telinga. Pembuluh darah sempit atau abnormal akibat diabetes dapat mencegah darah menuju koklea, juga dapat mencegah proses pembersihan racun. Ini memiliki potnensi untuk merusak sel-sel lembut di dalam telinga kalian.

Nah semoga aja kita bisa lebih hati-hati lagi dalam menjaga kesehatan telinga kita. Sistem pendengaran sangat berguna dalam kehidupan, makanya jaga lah kesehatan kita seperti telinga karena telinga sangat penting bagi kita. Hindarilah hal yang dapat membuat telinga kita menjadi terluka apalagi bisa membuat telinga kita rusak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perhatikan Kebiasaan Ini Yang Bisa Bikin Telinga Budek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel