Perbedaan antara Hacker,Cracker,dan Scammer




Hacker vs Cracker vs Scammer , inilah  tiga istilah yang sering di takuti para pengguna internet dan juga industri teknologi .Mungkin kalian pernah menjadi korban salah satu atau bahkan semuanya.Tapi apa kalian tau arti dari istilah-istilah ini?,apakah kalian juga tau kalau istilah tadi berbahaya? Atau apakah kalian tau apa perbedaan dari istilah-istilah ini. Kali ini saya akan menjelaskan dan membahas perbedaan antara Hacker,Cracker dan Scammer.



Berikut Pembahasannya :

1. Hacker
Hacker merupakan seseorang yang menggunakan keterampilan khusus untuk mengidentifikasi kekuranga dalam system komputer dan berupaya untuk memperbaikinya. Keahlian tersebut dapat berupa Keterampilan dalam jaringan,keterampilan dalam keamanan komputer,keterampilan dalam pemprograman atau bahkan keterampilan perangkat keras system.

Hacker sendiri mempunyai dua tipe, yaitu :
  • Yang pertama yaitu tipe peretas topi putih,mereka merupakan kelompok peretas yang tetap berada dalam batas-batas hukum saat melakukan pekerjaan  mereka. Mereka tidak melakukan keahlian mereka untuk meretas atau mengakses system apapun secara illegal
  • Yang kedua yaitu tipe peretas topi hitam,mereka merupakan orang-orang yang menggunakan kemampuan dan kecerdasan mereka untuk keuntungan mereka sendiri melalui cara illegal.

     Tujuan hacker :
Hacker terutama tertarik mempelajari cara kerja system komputer dan jaringan.Mereka akrab dengan semua alat yang diperlukan dan dibutuhkan untuk masuk ke suatu system. Seorang hacker juga mengetahui teknik-teknik yang sering digunakan cracker untuk masuk ke sebuah system dengan tujuan melakukan aktivitas jahat.Tujuan keseluruhan seorang hacker adalah meningkatkan system dengan membuatnya lebih aman.Tapi jika disalah gunakan bisa berakibat kebalikan dari tujuan mereka.

2. Cracker
Craker dan hacker hamper merujuk pada orang yang sama.Namun,ada beberapa perbedaan dalam cara mereka melakukan pekerjaan mereka. Sementara  hacker bertindak dengan cara yang ada dalam kerangka hukum,para cracker sangat ingin melanggar hukum yang ada .Mereka menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menembus keamanan system dan jaringan computer.
      Tujuan Cracker :
Craker bertujuan untuk keuntungan finansial,mereka dapat menyerang system dengan tujuan mendapatkan inforamsi untuk keuntungan mereka. Beberapa craker dibayar oleh pesaing bisnis untuk tujuan mendapatkan informasi sensitive tentang suatu organisasi.Beberapa cracker melakukan gerakan mereka untuk mendapatkan keuntungan ,publisitas atau menunjukkan betapa kuatnya mereka.

3. Scammer
Scammer merupakan seorang yang menggunakan trik kotor dan skema penipuan untuk mendapatkan bantuan dari seseorang.Seorang scammer biasanya akan selalu berpura-pura menjadi orang lain dan akan selalu dengan cara yang akan memenangkan kepercayaanmu. Kebanyakan scammer menggunakan internet untuk memikat korban mereka melakukan sesuatu,biasanya terjadi juga di online shop melalui Instagram atau website.
     Cara untuk mencegah Scammer :
Pastikan kalian tidak mempercayai sesuatu secara langsung,lihat –lihat dulu apakah “orang”ini bisa dipercaya atau tidak,seperti di Ig walaupun Follower nya banyak belum tentu itu bisa di percaya.


Dari penjelasan tadi, kita dapat dengan mudah mengetahui perbedaan antara seorang hacker,cracker,dan scammer .Sementara seorang hacker akan bertujuan baik kepada masyarakat,seorang craker dan scammer memiliki niat buruk.Juga,Peretasan adalah bagian yang etis dan diakui secara hukum, di sisi lain ,craking dan scamming adalah kegiatan criminal.
Semoga kita bisa lebih berhati-hati dan bisa membedakan serta memahami arti dari istilah tadi.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " Perbedaan antara Hacker,Cracker,dan Scammer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel