Beberapa Handphone yang bisa mengakses jaringan 5G di Indonesia





Siapa sih yang tidak tau jaringan berbasis 5G, sedikit pembahasannya, 5G merupakan istilah penyebutan fase berikutnya dari telekomunikasi seluler yang berada di atas 4G. Jaringan 5G ini akan hadir di Amerika utara, Eropa, Australia, dan Asia. Khusus di Asia, sejumlah operator seluler di tiga negara, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan, mulai menyiapkan penggunaan 5G setidaknya mulai akhir 2019.

Teknologi komunikasi era 5G segera bisa dinikmati. Walaupun di Indonesia masih belum bisa menikmatinya,tetapi setidaknya memberikan sedikit harapan bahwa era baru mobile internet bakal segera hadir.

Di Indonesia sendiri beberapa perusahaan Handphone sudah berlomba-lomba membuat Produk Handphonenya untuk bisa mengakses jaringan 5G.

Berikut bebrapa perusahaan Handphone Yang siap mengakses jaringan 5G :
1.  Google
2. Samsung
3. Xiaomi
4. Oppo
5. Vivo
6. Asus
7. LG
8. OnePlus
9. Motorola

Apple juga diperkirakan akan terjun mengeluarkan ponsel 5G pada 2020.

Di Indonesia diketahui sudah ada 3 operator besar yang melakukan ujicoba teknologi 5G ini, yaitu :

1.Telkomsel

2.XL Axiata

3.Indosat Ooredoo

Baca Juga : Bahasa Pemprograman Ideal Untuk Pemula Yang Ingin Belajar

Kepastian tentang hadirnya jaringan telekomunikasi berbasis 5G ini muncul dalam acara Snapdragon Tech Summit 2018 yang digelar oleh produsen semikonduktor Qualcomm di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, 4-6 Desember 2018.

Pada hari pertama acara tersebut, President Qualcomm Incorporated Cristiano Amon mengatakan,Qualcomm beserta para produsen smartphone dan operator seluler di industri telekomunikasi bekerja sama membangun ekosistem 5G agar bisa dinikmati lebih cepat

Jika dua tahun lalu muncul rencana bahwa 5G akan mulai diterapkan pada 2020, kini petanya berubah karena ternyata tahun depan bakal ada ponsel yang mendukung jalur telekomunikasi baru tersebut.

Membahas tentang 5G,berikut beberapa keunggulan 5G dibandingkan dengan jaringan 4G :

1. Koneksi Cepat
Kecepatan jaringan 5G diklaim mencapai 300 Mbps yang bergantung pada lokasi. Sementara kecepatan maksimal disebut mencapai 1 Gbps tanpa batasan data. Kecepatan 1 Gbps bisa digunakan untuk mengunduh data sebesar 1 GB hanya dalam waktu delapan detik, sedangkan kecepatan 300 Mbps bisa digunakan mengunduh data 1 GB dalam waktu 28 detik.

2. Pendapatan lebih tinggi
Dengan adanya kecepatan data mencapai 300Mbps Hal ini menjadi berita baik bagi para youtuber/Vlogger yang kesehariannya bermain internet.

3. Hemat daya
5G di klaim tidak terlalu menyedot daya baterai Hanphone kita dibandingkan jaringan 4G.

4. Tak cuma soal kecepatan tapi kapasitas
Salah satu aspek paling menarik dari jaringan 5G adalah soal kapasitas jaringan mobile. Hal ini berarti jaringan 5G bisa mendukung lebih banyak koneksi data ketimbang sebelumnya.

5. 5G tidak cuma untuk smartphone
Sebagai contoh, 5G akan sangat penting bagi mobil otomatis yang membutuhkan koneksi internet secepat mungkin. Latensi rendah, kapasitas yang tinggi dan kecepatan yang tinggi akan membuat mobil otomatis benar-benar efektif berjalan secara otonom.

Hal ini juga akan terpakai di teknologi konsumen seperti aksesoris rumah tangga cerdas, headset VR, PC, dan bisa jadi media sosial dan konferensi jarak jauh juga akan terpengaruh juga dengan baik.

Yah mungkin tadi beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai jaringan 5G,mulai dari beberapa perusahaan Handphone yang bisa mengakses jaringan 5G dan beberapa operator serta keunggulan dari 5G. Semoga di Indonesia bisa merasakan jaringan 5G ini,saya juga mengharapkannya walaupun hal itu mungkin masih lama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Handphone yang bisa mengakses jaringan 5G di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel